Ahmad Bastian Dorong Warga Berpenghasilan Lebih Bantu Ponpes Lirboyo Cabang Lampung

Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Bagikan

Kota Kalianda – Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY mengucapkan selamat atas dibukanya Pondok Pesantren Lirboyo di provinsi tersebut. Dengan adanya Ponpes Lirboyo, diharapkan Lampung bisa semakin banyak mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang agama.

“Selamat atas didirikannya Ponpes Lirboyo cabang Lampung. Kita harapkan kehadiran Ponpes Lirboyo bisa membatu pemerintah untuk mencerdaskan masyarakat, terutama di bidang agama,” ungkap Ahmad Bastian, Rabu (3/3/2021).

Ponpes Lirboyo yang merupakan ponpes terbesar di Kediri, Jawa Timur itu didirikan oleh KH Abdul Karim pada 1910. Ponpes Lirboyo cabang Lampung berada di Dusun Kuningan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

Peresmian Ponpes Lirboyo cabang Lampung digelar pada Sabtu (27/2) kemarin. Bastian berharap Ponpes Lirboyo bisa membuat Lampung memiliki santri dan kiai yang berkualitas.

“Banyak santri Ponpes Lirboyo yang berasal dari Lampung. Untuk saat ini saja, total ada 1.150 orang warga Lampung yang menempuh pendidikan di Ponpes Lirboyo Kediri. Tak heran Ponpes Lirboyo membuka cabang di Lampung,” kata anggota Komite I DPD RI itu.

“Dengan kehadiran Ponpes Lirboyo di Lampung Selatan, warga Lampung tidak perlu mengirimkan anak-anaknya jauh hingga ke Pulau Jawa. Harapannya, Ponpes Lirboyo dapat menambah minat masyarakat untuk belajar di pesantren,” sambung Bastian.

Mantan anggota DPRD Lampung Selatan itu menyebut, SDM dengan kecerdasan spiritual masih belum terlalu banyak di Indonesia. Bastian pun menilai pembukaan cabang Ponpes Lirboyo bisa menciptakan bibit unggul intelektual agama.

“Para intelektual agama inilah yanga akan mencerdaskan masyarakat dari sisi spiritual. Kita berharap lulusan Ponpes Lirboyo cabang Lampung suatu saat akan menjadi seorang tokoh besar, baik di nasional maupun internasional,” ucapnya.

BACA JUGA :  Cegah Jatuhnya Korban, Pemda di Lampung Diminta Tingkatkan Infrastruktur

Bastian pun mendorong agar masyarakat yang berpenghasilan lebih memberi bantuan dukungan dana untuk Ponpes Lirboyo cabang Lampung. Dalam peresmian kemarin, alumni ponpes yang tergabung dalam Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) menggalang Koin Himasal untuk masyarakat yang mau berinfak.

“Saudara-saudara yang memiliki kemampuan lebih bisa menjadi donatur untuk Ponpes Lirboyo yang selama ini banyak mencetak santri asal Lampung. Infak yang didapat nantinya bisa mengembangkan Ponpes untuk menunjang kebutuhan para santri,” imbau Bastian.

Sementara itu Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti merespons positif peresmian Ponpes Lirboyo cabang Lampung. Ia berharap, pemerintah daerah juga memberikan perhatian kepada Ponpes Lirboyo, baik itu untuk sarana prasarana dan program bantuan lainnya.

“Kebutuhan Lampung terhadap tempat pendidikan agama terbantu dengan kehadiran Ponpes Lirboyo. Pemda perlu mendata apa yang menjadi kebutuhan Ponpes dan memberikan bantuan agar proses belajar mengajar santri dapat berjalan lancar,” ujar LaNyalla. (elz/ijs)

Bagikan

Pos terkait