Ahmad Bastian Harap Film Radin Inten II Akan Tarik Minat Wisata Masyarakat ke Lampung

Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY, (Foto:istimewa)
Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY, (Foto:istimewa)
Bagikan

Bandar Lampung – Universitas Lampung (Unila) akan membuat film tentang perjuangan pahlawan nasional, Radin Inten II. Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY mendukung pembuatan film pahlawan kemerdekaan asal Lampung Selatan (Lamsel) itu.

“Pembuatan film yang menggambarkan perjuangan pahlawan Radin Inten II harus mendapat dukungan semua pihak,” ujar Ahmad Bastian, Senin (15/3/2021).

Pembuatan film soal Radin Inten II juga sudah mendapat dukungan Pemkab Lampung Selatan. Bastian mendorong Unila mengemas pembuatan film secara kekinian.

“Walaupun ceritanya mengenai sejarah perjuangan, pengemasan yang mengikuti perkembangan zaman akan menarik minat generasi milenial,” kata mantan Anggota DPRD Lampung Selatan itu.

Untuk diketahui, Radin Inten II dikenal sebagai pemuda yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah hingga akhir hayatnya. Film ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi generasi muda, khususnya pemuda-pemudi asal Lampung.

“Film mengenai sosok Radin Inten II kami harap akan menjadi contoh generasi muda kita soal makna dari perjuangan. Kalau dulu membela negara dengan cara berperang, saat ini kita membela negara dengan memberikan ragam prestasi,” tutur Bastian.

Unila menyebut pembuatan film yang berjudul Radin Inten II ini dimaksudkan sebagai kegiatan nyata pembangunan karakter pada generasi milenial. Pihak kampus menyiapkan dana sekitar Rp 400 juta untuk pembuatan film Radin Inten II.

Film Radin Inten II pun akan menghadirkan aktor-aktor di kalangan milenial agar nilai-nilai nasionalisme yang akan ditranfer akan lebih mudah diterima. Bastian menilai, pembuatan film Radin Inten II akan membantu peningkatan pariwisata Lampung.

“Mengenalkan sejarah serta budaya Lampung kepada khalayak luas, sedikit banyak pasti akan berdampak pada pariwisata di Lampung. Semoga kehadiran film Radin Inten II akan menarik minat wisata masyarakat luas untuk datang ke Lampung,” sebut Anggota Komite I DPD RI itu.

BACA JUGA :  Komite IV DPD RI Beri Saran Dialog Bapenda Dan AKD Soal NJOP Di Tulungagung

Dukungan pembuatan film Radin Inten II juga datang dari Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya, memperkenalkan sejarah dan budaya daerah bisa dilakukan dengan berbagai sarana, termasuk lewat seni pertunjukan.

“Cara-cara kreatif justru akan lebih banyak menarik minat masyarakat. DPD RI berharap daerah lain bisa mencontoh inisiasi dari Unila yang membuat film mengenai perjuangan pahlawan daerah,” ungkap LaNyalla. (elz/ijs)

Bagikan

Pos terkait