Cegah Jatuhnya Korban, Pemda di Lampung Diminta Tingkatkan Infrastruktur

Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Bagikan

Kota Kalianda – Dua orang warga Lampung Selatan (Lamsel) terseret arus sungai akibat jembatan roboh, satu di antaranya meninggal dunia. Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY menyampaikan belasungkawa.

“Kami menyampaikan keprihatinan atas peristiwa robohnya jembatan di Lampung Selatan yang menyebabkan warga meninggal dunia,” ungkap Ahmad Bastian, Jumat (5/3/2021).

Bacaan Lainnya

Peristiwa jembatan roboh yang menyebabkan dua warga terseret arus sungai terjadi di Desa Sumber Rejo, Mekar Jaya, Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (2/3) lalu. Dua korban merupakan pengendara motor yang terjatuh akibat tidak mengetahui jembatan yang mereka lalui telah roboh karena tertutup aliran sungai yang meluap.

Pengendara motor mengira jembatan hanya tertutup aliran sungai saja, namun ternyata jembatan ambrol akibat debit air yang besar. Salah satu korban berhasil selamat karena berpegangan di batang kayu. Sementara satu korban lainnya terseret arus dan ditemukan dalam keadaan tewas.

“Turut berduka cita atas meninggalnya warga Lampung Selatan yang terseret arus sungai akibat terjatuh dari jembatan yang roboh. Kita berharap, segera ada perbaikan jembatan agar tidak ada korban jiwa lagi,” ucap Bastian.

Anggota Komite I DPD RI itu meminta masyarakat terus waspada dengan terjadinya bencana. Bastian pun juga mengingatkan pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana bagi masyarakat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap terjadinya bencana. Saat ini memang sudah memasuki masa pancaroba, namun potensi bencana masih ada sehingga kita harus ekstra hati-hati,” tutur mantan Anggota DPRD Lampung Selatan itu.

BACA JUGA :  Ahmad Bastian Harap KPK Ungkap Modus Operandi Pengemplang Pajak yang Rugikan Negara

“Pemda kami minta meningkatkan pengawasan dan rutin mengecek infrastruktur sehingga bisa segera melakukan perbaikan jika ada yang rusak sehingga tidak perlu ada jatuhnya korban,” sambung Bastian.

Bastian menyebut perangkat desa harus lebih aware lagi memeriksa infrastruktur di wilayahnya. “Perangkat desa, khususnya kepala desa jadi garda terdepan untuk memastikan warga mendapat akses sarana prasarana yang baik. Patroli lingkungan harus digalakkan sehingga setiap masalah yang ada di lingkungan bisa segera dicarikan solusi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan infrastruktur desa. Menurutnya, infrastruktur yang buruk berdampak terhadap keselamatan masyarakat.

“Kepala daerah harus selalu memantau infrastruktur di wilayahnya hingga tingkat paling kecil, yaitu desa. Pastikan semua sarana dan prasarana terpelihara dengan baik agar kesejahteraan warga, termasuk keselamatannya bisa terjamin,” tegas LaNyalla. (elz/ijs)

Bagikan

Pos terkait