Kamp Pengungsi Rohingya Terbakar, 15 Orang Tewas

Ilustrasi Kebakaran (sumber: IJS Media Network)
Bagikan

Dhaka – Sebanyak 15 orang tewas dan lebih dari 400 orang hilang dalam sebuah kebakaran besar yang melanda kamp pengungsi rohingya di Bangladesh, Selasa (23/3/21).

Api membakar ribuan gubuk di kamp Balukhali dekat kota tenggara Cox’s Bazar dan orang-orang bergegas menyelamatkan harta benda mereka.

“Ini sangat besar, sangat menghancurkan,” kata juru bicara Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR), Johannes Van der Klaauw.

Dikutip Reuters, menurut data UNHCR, lebih dari 550 orang terluka dan sekitar 45 ribu orang mengungsi.

Sekretaris Kementerian Penanggulangan dan Bantuan Bencana, Mohammad Mohsin melaporkan, sekitar 40.000 gubuk di kamp terbakar termasuk Dua rumah sakit utama Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan pemerintah Turki.

Petugas pemadam kebarakan dapat memadamkan api setelah enam jam. Ia mengatakan sedang menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

“Kami telah membentuk sebuah komite beranggotakan tujuh orang untuk menyelidiki penyebab kebakaran tersebut,” katanya.

Beberapa saksi mata mengatakan pagar kawat berduri di sekitar kamp membuat banyak orang terjebak hingga melukai beberapa orang.

John Quinley dari Fortify Rights, sebuah organisasi hak asasi yang bekerja dengan Rohingya mengatakan, pagar tersebut menghambat distribusi bantuan.

“Pemerintah harus mencabut pagar tersebut dan melindungi pengungsi,” kata Quinley.

(ANS/IJS)

Bagikan
BACA JUGA :  Tuntut Pencabutan UU Perlindungan Bagi Raja, Demo di Tahiland Berakhir Ricuh

Pos terkait