Kapal Raksasa yang Melintang di Terusan Suez Sudah Dievakuasi

Kapal kargo MV Ever Given yang sempat karam dan melintang di Terusan Suez (foto: /Instagram.com/@fallenhearts17)
Bagikan

Kairo – Kapal kargo MV Ever Given yang sempat karam dan melintang di Terusan Suez, Mesir telah berhasil diluruskan kembali dan jalur pengiriman sudah dapat dilalui oleh dua pengiriman lokal, Senin (29/3/21).

Dilansir Reuters, Direktur Pengelola Terusan Suez (SCA), Osama Rabie mengatakan, pembebasan itu dapat dilakukan setelah pihaknya melakukan pengerukan di dekat haluan kapal hingga kedalaman 18 meter.

Setelah itu, pihaknya memanfaatkan air pasang pada Minggu dan Senin untuk membuat kapal mengapung kembali.

Orang-orang di kanal bersorak, bahkan para awak kapal meniup klakson kapal sebagai bentuk perayaan.

“Alhamdulillah kapalnya telah mengapung,” kata seorang awak kapal dalam sebuah video dikutip CNN.

Seperti diketauhi, Kapal kargo MV Ever Given yang berbobot 224 ton dan panjang sekitar 400 meter ini karam hingga melintang di Terusan Suez, Mesir pada 23 Maret 2021.

Dari kejadian itu, lalu lintas pengiriman rute Eropa dan Asia sempat mengalami kemacetan dan mencatat kerugian mencapai 14-15 juta dollar AS per hari.

Menurut laporan SCA, setidaknya ada 369 kapal yang menunggu untuk lewat, termasuk puluhan kapal kontainer, kapal curah, kapal tanker minyak dan kapal gas alam cair (LNG) atau gas alam cair (LPG).

Terusan Suez merupakan salah satu jalur air tersibuk dan terpenting di dunia. Sekitar 12 persen dari volume perdagangan dunia melewati jalur tersebut.

Selama tahun 2020, lebih dari 18 ribu kapal melewati jalur ini atau sekitar 51 kapal per hari.

(ANS/IJS)

Bagikan
BACA JUGA :  Rencana Lakukan Bom Bunuh Diri, Sembilan Perempuan Ditangkap

Pos terkait