Kementan Fasilitasi Pengembangan Jejaring Kerja Sama Pelatihan dan Kemitraan Usaha antar-P4S

Bagikan

BOGOR – Kementerian Pertanian (Kementan) memfasilitasi pengembangan jejaring kerja sama pelatihan dan kemitraan usaha Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). Kegiatan yang digelar di P4S Swen Inovasi Mandiri dan P4S Radja Manggis, Bogor, Jawa Barat selama tiga hari itu dimaksudkan untuk mengembangkan kapasitas petani dan meningkatkan keterampilan mereka secara holistik.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, peningkatan kualitas SDM pertanian menjadi salah satu fokus Kementan. “Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujarnya.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menyampaikan pentingnya peningkatan SDM. “Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian,” ujar Dedi.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP, Bustanul Arifin menjelaskan, pemberdayaan petani melalui P4S ini agar usaha dari hulu hingga hilir betul-betul dikuasai dengan baik oleh petani kita.
“Kami menekankan pemberdayaan petani melalui P4S ini agar usaha dari hulu sampai hilir itu betul-betul dikuasai dengan baik. Tentu saja tujuannya memberikan nilai tambah kepada petani itu sendiri,” kata Bustanul.

Salah satu peran untuk meningkatkan kerja sama menurut Bustanul yakni dengan mempertemukan P4S dengan P4S yang sudah maju usahanya seperti P4S Radja Manggis Sejati Bogor yang sudah melakukan ekspor ke Cina dan Singapura. Bustanul menilai tujuannya tentu saja mempertemukan petani dengan petani atau pengusaha yang sudah maju untuk memutus mata rantai penjualan yang selama ini memang memberatkan bagi pendapatan petani.

“Kami memfasilitasi pertemuan antar-P4S untuk saling mendukung berbagai macam kebutuhan untuk saling melengkapi. Petani akan mendapatkan nilai tambah, baik pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang belum dimilikinya,” ujar Bustanul.(*)

BACA JUGA :  Revitalisasi Pelabuhan Binuangen Diyakini Ketua DPD RI Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lebak

Bagikan

Pos terkait