Menlu Singapura Akan Kunjungi Brunei Hingga Indonesia

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan (foto: Twitter)
Bagikan

Singapura – Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan dijadwalkan akan mengunjungi Brunei Darussalam, selanjutnya akan menuju Malaysia dan Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip Reuters, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga hubungan baik yang telah berlangsung lama antara Singapura dan Brunei, Senin (22/3/21).

Pernyataan itu tidak merinci alasan lain dalam kunjungan tersebut. Namun para pemimpin Asia Tenggara merencanakan pertemuan untuk mencari jalan keluar dari krisis yang terjadi di Maynamar.

Pertemuan ini direncanakan setelah Presiden RI, Joko Widodo menyerukan agar segera diakhirinya kekerasan yang terjadi akibat kudeta militer di Maynamar.

Myanmar, yang merupakan anggota ASEAN tengah mengalami krisis sejak kudeta yang dilakukan oleh junta militer dan penangkapan peraih Nobel perdamaian Aung San Suu Kyi pada 1 Februari lalu.

Menurut laporan dari kelompok aktivis Asosiasi Bantuan Tahanan Politik, setidaknya 250 orang tewas sejak kudeta militer.

Pertemuan para menteri luar negeri ASEAN pada 2 Maret yang membahas krisis gagal membuat terobosan.

Kemudian, Balakrishnan dijadwalkan tiba di Malaysia pada Selasa untuk membahas masalah bilateral, regional dan internasional dengan Menteri luar negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein.

“Kedua menteri luar negeri juga akan menjajaki kolaborasi pasca Covid-19, termasuk sertifikasi vaksinasi timbal balik, yang akan menguntungkan kedua negara,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Balakrishnan juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin.

(ANS/IJS)

Bagikan
BACA JUGA :  Pertama dalam Sejarah AS, Biden Tunjuk Transgender untuk Asisten Menkes

Pos terkait