Puting Beliung di Lamsel Harus Jadi Peringatan Warga Agar Waspada Bencana

Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY,
Bagikan

Bandar Lampung – Puluhan rumah di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) rusak diterjang angin puting beliung. Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY meminta agar pemerintah segera memberi bantuan, khususnya yang menjadi keperluan mendesak warga.

Adapun puting beliung menerjang Desa Bandar Agung, Sragi, Lampung Selatan, pada Minggu (14/2) sore. Akibat kejadian tersebut, satu rumah roboh rata dengan tanah, sementara sisanya rusak ringan hingga sedang.

Bacaan Lainnya

“Kita bersyukur tak ada korban jiwa dalam kejadian puting beliung di Lampung Selatan, walaupun fenomena alam ini harus jadi peringatan warga karena sudah beberapa kali terjadi di Lampung,” ungkap Ahmad Bastian, Selasa (16/2/2021).

Dalam sebulan terakhir, setidaknya sudah terjadi 3 kali bencana puting beliung di Provinsi Lampung. Meski tak ada korban jiwa, puting beliung menyebabkan kerugian materi karena banyak rumah rusak.

Di Desa Bandar Agung, angin puting beliung juga merusak gubuk-gubuk tambak milik warga. Bastian berharap pemerintah setempat cepat memberikan bantuan.

“Karena tidak sedikit warga yang rumahnya rusak, bahkan sampai ada yang rumahnya rata dengan tanah, pemda perlu menyiapkan tenda, kasur, selimut untuk warga tidur,” kata Anggota Komite I DPD RI itu.

Pemda juga diharapkan menyiapkan dapur umum dan toilet portable untuk warga yang rumahnya rusak. Pihak BPBD dan Koramil setempat saat ini sudah memberikan bantuan membersihkan reruntuhan rumah yang rusak.

“Kami ucapkan terima kasih atas pertolongan cepat dari pihak TNI dan BPBD terhadap warga. Saat ini, saya kira perlu dibangun dapur umum untuk menyediakan makanan bagi korban bencana,” sebut Bastian.

BACA JUGA :  OKU Dipimpin Plh Bupati, Anggota Komite I Harap Roda Pemerintahan Tak Terhambat

Mantan anggota DPRD Lampung Selatan itu pun berharap agar Pemda memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak akibat puting beliung. Bastian juga mengimbau kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Dinas PUPR segera mendata kerusakan rumah warga akibat puting beliung di Lampung Selatan. Kami berharap pemda bisa memberikan bantuan perbaikan maupun pembangunan rumah yang rusak,” tuturnya.

“Saya juga tak bosan mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan karena bencana di musim penghujan masih berpotensi terjadi. Kita harus saling menjaga satu sama lain,” sambung Bastian.

Sementara itu Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengimbau kepada pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan mitigasi bencana semaksimal mungkin. Ia menyebut, langkah-langkah antisipasi harus dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban.

“Kepala daerah harus memastikan keselamatan warganya. Lakukan upaya-upaya mitigasi bencana secara seksama. Gandeng BPBD, TNI/Polri, dan BMKG untuk membuat posko terpadu sebagai upaya persiapan terjadinya bencana alam,” tegas LaNyalla. (ijs/elz)

Bagikan

Pos terkait