Senator Muda Ini Dukung Komitmen Kelompok Tani di Babel Pilih Bertani Dibanding Tambang Timah

Anggota Komite II DPD RI, Alexander Fransiscus
Anggota Komite II DPD RI, Alexander Fransiscus
Bagikan

Bangka Tengah – Sejumlah petani di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyulap rawa seluas empat hektare menjadi lahan pertanian jenis hortikultura. Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Babel, Alexander Fransiscus mengapresiasi kelompok tani yang mendapat dukungan dari Pemkab setempat itu.

“Inisiasi kelompok tani di Bangka Tengah sangat kami apresiasi. Mereka bisa memanfaatkan area rawa yang merupakan lahan tidur menjadi lahan produktif,” ungkap Alexander Fransiscus, Selasa (16/3/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun 4 hektare rawa yang disulap menjadi lahan pertanian berada di Desa Lubuk Besar. Lahan perkebunan itu dikelola kelompok tani Karya Gemilang di bawah binaan Pemkab Bangka Tengah.

Dinas Pertanian Bangka Tengah menjadikan Desa Lubuk Besar sebagai percontohan untuk pelaksanaan program lahan tidur menjadi lahan produktif. Alexander mendorong inisiasi serupa dilakukan di daerah lain.

“Kota dan Kabupaten lain di Babel harus mencontoh program yang dilakukan Desa Lubuk Besar di Bangka Tengah itu. Karena keuntungan bagi petani cukup besar dengan memanfaatkan rawa sebagai lahan pertanian,” ucap Anggota Komite II DPD RI yang membidangi urusan pertanian tersebut.

Sejumlah tanaman yang dikembangkan dalam lahan rawa itu seperti jagung, cabai, dan bawang. Bahkan komoditas jagung sudah berhasil panen raya dengan produksi mencapai puluhan ton untuk jenis jagung pipil dan manis.

“Kami mendorong pengembangan tanaman hortikultura lain agar pemasukan petani semakin bertambah lagi. Ketekunan para petani di Bangka Tengah itu akan berbuah kualitas produksi yang jauh lebih baik saat panen,” sebut Alexander.

Sebenarnya, area rawa yang dijadikan lahan pertanian itu merupakan kawasan dengan potensi bijih timah yang cukup tinggi jika ditambang atau eksplorasi. Namun Kelompok Tani Karya Gemilang Budiman lebih memilih menjadikannya sebagai lahan pertanian untuk menjaga kelestarian alam.

BACA JUGA :  LIB dan PSSI Diminta Rumuskan Prokes Soal Wacana Liga 1 2021

Alexander pun memberi pujian kepada para petani. “Upaya petani menjaga kelestarian alam merupakan bentuk komitmen yang sangat baik. Saya kira cita-cita Kelompok Tani Karya Gemilang Budiman sangat mulia,” imbuh senator muda itu.

Sementara itu Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta seluruh Anggota DPD RI memberi pendampingan pada sektor pertanian di dapilnya masing-masing. Menurutnya, senator perlu bekerja sama dengan Pemda mendampingi para petani agar penghasilan mereka bisa meningkat.

“Saya meminta kepada senator untuk terus melakukan pendampingan kepada petani di daerah binaannya masing-masing. Program pemanfaatan rawa menjadi lahan produksi pertanian perlu didukung dan bisa menginspirasi daerah lain,” kata LaNyalla. (elz/ijs)

Bagikan

Pos terkait