Senator Muda Ini Ingatkan Pemda Babel Waspada Bencana Saat Musim Peralihan

Anggota Komite II DPD RI, Alexander Fransiscus
Anggota Komite II DPD RI, Alexander Fransiscus
Bagikan

Bangka Selatan – Puluhan rumah warga Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) rusak akibat diterjang angin puting beliung. Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Babel, Alexander Fransiscus meminta masyarakat untuk mewaspadai pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau.

“Fenomena puting beliung banyak terjadi saat pergantian musim. Masyarakat Bangka Belitung harus mewaspadainya,” ungkap Alexander Fransiscus, Senin (15/3/2021).

Bacaan Lainnya

Peristiwa angin puting beliung di Babel terjadi di Kelurahan Teladan, Toboali, Bangka Selatan (Bangsel) pada Jumat (5/3). Fenomena tersebut diawali hujan deras kemudian disusul angin kencang. Padahal sebelumnya cuaca sedang panas.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 51 rumah warga mengalami kerusakan. Sebanyak 7 rumah warga rusak parah, sementara sisanya rusak sedang hingga ringan. Alexander mengingatkan pemerintah untuk tetap waspada bencana di masa pancaroba ini.

“Saat-saat pancaroba ini kerap memunculkan bencana alam yang tidak terduga. Saya mengimbau kepada pemda di Babel untuk tetap waspada walaupun sudah memasuki akhir-akhir musim penghujan,” sebut Anggota Komite II DPD RI itu.

Saat ini, BPBD Bangka Selatan sedang melakukan verifikasi tingkat kerusakan rumah warga yang diterjang angin puting beliung. BPBD terlah berkoordinasi dengan TNI, Polri, Tagana, PMI, serta warga yang tidak terdampak.

“Sinergi yang baik akan membantu warga terdampak puting beliung pulih secara kehidupan sosial. Kita bersyukur tidak ada korban jiwa akibat kejadian puting beliung di Bangka Selatan,” terang Alexander.

“Kami juga mendorong Dinsos untuk mengirimkan bantuan logistik kepada warga terdampak bencana puting beliung. Pemda juga harus membantu perbaikan rumah yang rusak,” sambung senator muda itu.

BACA JUGA :  Pujian Bagi Lapas Bandar Lampung yang Berhasil Buat 2 Mantan Teroris Ikrar Setia ke NKRI

Sementara itu Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan seluruh daerah mewaspadai potensi terjadinya angin puting beliung saat musim pancaroba. Mitigasi bencana oleh pemda harus dikedepankan.

“Sejak Januari lalu, sudah ada 723 kejadian bencana di mana sebanyak 171 di antaranya berupa puting beliung yang menyebabkan banyak rumah warga terdampak. Pemda harus terus siaga menghadapi potensi bencana,” tegas LaNyalla. (elz/ijs)

Bagikan

Pos terkait