Setelah ke Gili, Jangan Lupa Menikmati Kesejukan Air Terjun Sendang Gile

Bagikan

LOMBOK – Pantai sering disebut sebagai daya tarik utama Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Padahal, Lombok memiliki lebih dari itu. Lombok juga punya beragam air terjun yang eksotis dan unik. Salah satuya Air Terjun Sendang Gile

Di Lombok, ada sekitar 20 air terjun yang bisa menjadi alternatif untuk berwisata. Namun, Air terjun Sendang Gile menjadi salah satu yang unik dan favorit.
Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Yusron Hadi, membenarkan hal tersebut.

“Air Terjun Sendang Gile memang uni dan favorit. Ternyata, hal ini tidak terlepas dari sejarah. Setidaknya terdapat dua versi yang berasal dari penduduk setempat. Yang pertama adalah bahwa air terjun Sendang Gile merupakan kolam pemandian para bidadari. Jadi, saat bidadari turun ke bumi, mereka akan singgah dan mandi di tempat ini,” terangnya, Sabtu (18/9/2021).

Versi yang kedua adalah asal dari nama Sendang Gile itu sendiri. Sendang Gile awalnya merupakan kalimat yang berbunyi sengang gile yang bermakna singa gila.

“Sebutan singa gila karena pada masa lampau pernah terjadi pengrusakan oleh singa di salah satu desa,” jelas Yusron.

Penduduk lantas mencari singa tersebut ke hutan. Dalam pencarian itu, salah seorang penduduk menemukan air terjun yang kemudian diberi nama Sengang Gile. Lambat laun, penyebutannya berubah menjadi Sendang Gile. Selain itu, air terjun ini juga disebut dengan sebutan Batu Ko’ (batu kerbau).

Air Terjun Sendang Gile berada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Pada jalur pendakian menuju puncak Rinjani, para wisatawan akan terlebih dahulu menemukan air terjun ini.

“Aliran air terjun diyakini merupakan aliran air yang berasal dari Danau Segara Anak yang juga berada di sekita lokasi Gunung Rinjani,” tutur Yusron.

BACA JUGA :  Strategi Bangkitkan Pariwisata DenganTravel Bubble Di Era New Normal

Sendang Gile memiliki ketinggian kurang lebih 600 meter di atas permukaan laut. Kedalamannya sekitar 31 meter dari dasar sungai.

Air terjun Sendang Gile memiliki dua tingkat. Tingkat pertama dari puncak, air mengalir atau terjun ke kolam yang berada di antara tingkat pertama dan kedua. Sedangkan tingkat kedua merupakan arus air kolam tadi yang terjun ke bawah mengalir bersama sungai yang berada di dasar air terjun.

Secara geografi, Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini merupakan akses menuju puncak Rinjani. Bahkan lokasi air terjun merupakan pintu masuk untuk pendakian menuju puncak Rinjani.

Dari Kota Mataram, perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 9 sampai 11 jam dengan jarak 1.000 km.

Sedangkan rute yang dilewati bisa melalui Pantai Senggigi dan Pusuk. Jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan melalui Jalur Bayan dan dilanjutkan dengan ojek menuju desa Senaru.

Yang arus diingat, transportasi hanya sampai pada jarak tertentu di gerbang utama. Selebihnya, para wisatawan melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Bisa melewati anak tangga yang ketinggiannya mencapai 40 meter. Bisa juga melewati jalur yang terdapat saluran irigasi dan melewati persawahan.

“Namun, yang direkomendasikan adalah melalu saluran irigasi. Karena perjalanannya lebih ringan tanpa pendakian dan melewati lingkungan dengan pemandangan persawahan dan sungai. Jalur ini memang biasa digunakan untuk aktivitas soft trekking,” ujar Yusron Hadi.

Destinasi yang dibuka sejak tahun 1981 ini, memang favorit. Hal ini terlihat dari jumlah wisatawan yang hadir. Sendang Gile tercatat telah dikunjungi 5.000 wisatawan domestik dan 10.000 wisatawan mancanegara.(*)

Bagikan

Pos terkait