WHO Segera Ungkap Asal Usul Virus Korona

Ilustrasi virus Korona (Foto: klikdokter.com)
Bagikan

Geneva – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, virus korona kemungkinan besar menular ke manusia dari kelelawar melalui hewan lain, Senin (29/3/21).

Pernyataan ini sesuai dengan ringkasan laporan dari tim peneliti internasional yang dipimpin oleh WHO dalam menyelidiki asal-usul virus korona di Wuhan, China.

Dikutip CNN, virus tersebut kemungkinan sudah mulai menyebar satu atau dua bulan sebelum diketahui publik pada Desember 2019.

Dalam ringkasan tersebut juga dikatakan, jika virus tersebut bukan berasal dari sebuah insiden kebocoran laboratorium.

WHO memang belum secara resmi meliris laporan terkait hasil temuan tersebut. Namun, seorang diplomat di Jenewa, Swiss memberikan salinannya kepada Associated Press.

Dalam laporan tersebut, peneliti memberikan empat daftar skenario kemungkinan sumber virus korona.

Pertama, skenario yang paling mungkin adalah melalui inang hewan prantara atau hewan liar yang ditangkap dan kemudian dibesarkan di sebuah peternakan.

Kedua, kemungkinan ditularkan langsung melalui salah satu hewan yang diyakini membawa virus tersebut seperti kelelawar dan trenggiling.

Ketiga, kemungkinan terjadi tapi jarang ditemukan adalah penularan melalui makanan beku atau dingin.

“Tidak ada bukti konklusif untuk penularan SARS-CoV-2 melalui makanan dan kemungkinan kontaminasi makanan dingin dengan virus,” isi laporan tersebut.

Peran pasar makanan laut Huanan di Wuhan juga tidak jelas. Namun, kerumunan yang berkumpul di pasar yang padat, dengan atap dan selokan terbuka, memungkinkan telah memperbesar penyebaran virus.

Keempat, kemungkinan kecil dari insiden kebocoran laboratorium yang tidak disengaja.

Laporan itu juga menyebutkan tidak ada catatan virus yang berkaitan erat dengan SARS-CoV-2 di laboratorium mana pun sebelum Desember 2019. Dengan demikian, risiko memunculkan virus secara tidak sengaja sangat rendah.

(ANS/IJS)

BACA JUGA :  Turki Laporkan Vaksin Sinovac 83% Efektif Lawan Virus Korona

Bagikan

Pos terkait